pengertian link dofollow nofollow

Pengertian link dofollow nofollow. Link merupakan sebuah tautan yang merujuk ke sebuah alamat website. Bila anda sedang belajar tentang SEO (Search Engine Optimization). Anda juga harus paham dari jenis link yang ada di internet.

Pengertian Link Dofollow Nofollow Dengan Penjelasan Serta Penggunaan

Link dibagi menjadi 2 jenis dalam optimasi search engine sebagai backlinks. Bila anda belum paham tentang apa itu “Backlinks“. Anda bisa membaca artikel: Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas pada situs ini.

Agar lebih mudah, backlink merupakan sebuah tautan atau link yang merujuk ke sebuah website. Biasanya link ini berisikan referensi sebuah konten agar mudah untuk ditemukan. Bila sudah paham mari kita lanjut ke pengertian link dofollow dan no follow.

Link Dofollow

Pengertian Dofollow: Jenis link yang pertama yaitu Dofollow (Mengikuti). Biasanya link ini digunakan sebagai outbound link pada website dan sangat bagus digunakan sebagai backlinks. Karena bisa memberikan sebuah signal untuk search engine agar konten yang anda buat lebih mudah ditemukan.

Link Nofollow

Pengertian Nofollow: Tidak jauh berbeda dengan link Dofollow, link Nofollow biasa digunakan sebagai referensi atau rujukan ke sebuah website. Namun berbeda karena No Follow (Tidak Mengikuti). Jadi link ini tidak bisa memberikan sinyal ke mesin pencarian sebagai backlinks. Namun pengguna tetap bisa meng-klik tautan atau link untuk membuka konten referensi tersebut.

Website, memerlukan sebuah link agar pengguna lebih mudah menemukan konten yang sedang dicari. Biasanya pemilik website akan memberikan outbound link. Bila konten yang dibuat memerlukan sebuah referensi. Yang hanya bisa didapat dari website lain.

Namun bila konten atau informasi. Yang dibutuhkan oleh pengguna bisa didapat dari website tersebut. Jadi pemilik website tidak perlu menambahkan outbound link atau external link yang merujuk ke website lain. Jadi hanya perlu memberikan internal link, agar pengunjung website bisa mencari informasi hanya dalam satu website. Dan agar sipengunjung bisa berlama-lama di website milik anda. Itu juga berpengaruh pada ranking website anda.

Cara membuat dan menambahkan link dofollow dan link nofollow

Cara Membuat Link Dofollow Nofollow

Setelah membaca pengertian link diatas. Mungkin anda penasaran bagaimana cara membuat sebuah tautan atau link yang bisa anda gunakan sebagai backlink. Namun jangan sampai salah menggunakan link untuk backlinks website anda.

Dari dua jenis link diatas bila anda menggunakan link dengna rel=”nofollow”. Maka tidak akan ada efek atau sinyal untuk mesin pencari (search engine). Lalu bagaimana kita membuat backlink yang bisa memberikan sinyal pada search engine?.

Cara Membuat Link Nofollow

Membuat tautan atau link nofollow sangat mudah sekali. Mungkin anda penasaran kenapa tautan atau link yang anda buat tidak memberikan efek pada search engine. Mungkin anda memberikan tag pada link dengan rel=”nofollow” (tidak mengikuti). Contoh link nofollow yaitu seperti ini:

<a href=”https://www.targetwebsite.com” rel=”nofollow”>Anchor anda disini</a>

Lalu bagaimana kita bisa melihat tag yang telah anda buat?. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengganti mode penulisan dari Composer menjadi Html Text. Bila anda menggunakan WordPress, anda hanya perlu memindah dari Visual ke Text.

Dan silahkan cek tag link yang anda buat bila ada tag rel=”nofollow”. Berarti jelas sekali ini adalah link dengan jenis Nofollow. Kemudian bagaimana kita membuat sebuah link Dofollow untuk membangun backlink ke dummy website. Atau bisa juga ke website utama anda.

Cara Membuat Link Dofollow untuk Backlinks

Caranya tidak jauh berbeda dengan tutorial membuat link Nofollow seperti diatas. Link dofollow bisa anda buat dengan menghapus tag rel=”nofollow”. Bila tag ini tidak ada di link yang anda buat. Selamat link anda memiliki jenis link Dofollow. Yang bisa anda gunakan sebagai backlinks.

Baca Juga: Cara Mendapatkan Backlinks Berkualitas 2020

Mungkin itu saja yang bisa kami bahas hari ini. Terimakasih telah membaca artikel “Pengertian Link Dofollow Nofollow”. Bila anda suka dengan artikel ini jangan lupa untuk share di social media anda, semoga bermanfaat.

Published by Zuhrul Anam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *